Selasa, 02 Februari 2010

Bedanya Ganbatte, Ganbarimasu, Ganbarru, de el el

Beberapa waktu lalu sebuah pengetahuan bahasa Jepangku diuji oleh seorang teman yang juga bisa berbahasa tersebut. Aku lupa awalnya bagaimana, tiba-tiba membahas perbedaan kata-kata ganbatte, ganbarru, ganbarimasu, de el el. Hmm, yang aku tau sih cuma ganbatte. hehe... maklumlah masih tahap beginner. Akhirnya aku pun melobi temanku itu agar ini dijadikan PR saja coz saat itu lab komputasi di kampus udah mau tutup.

Seperti biasanya jika aku mengalami masalah larinya pasti tanya ke mbah google. Aku buka tiap link yang kelihatannya berkaitan. Hmm, udah lama kok tetap nggak nemu perbedaan yang pas. Akhirnya aku ingat kalau aku juga punya teman lain yang bisa berbahasa Jepang bahkan pernah tinggal di Jepang. Aku pun langsung tanya tuh orang. Yippie, akhirnya mendapat pencerahan juga akhirnya. Kalian mau tau juga? Nih, diinget-inget ya !

ganbaru=melakukan yang terbaik (merupakan kata dasar)
ganbarimashou=ayo lakukan yang terbaik (shou=ajakan)
ganbarimasu=saya akan melakukan yang terbaik
ganbarou=ganbarimashou (istilah sehari2nya)
ganbare=ganbarou=ganbarimashou (istilah sehari2 non formal)
ganbatte=mohon lakukan yang terbaik (kata perintah)

8 komentar:

  1. owh... bgto...
    thanks, nice share :D

    BalasHapus
  2. iya sama2.snang bisa share... :-)

    BalasHapus
  3. arigatou onee-chan.. thx info nya.. aq lagi dalam tahap belajar secara otodidak hehehe.. dari kesukaan q thd anime jepang.. sering2 share ya sensei hehehe..

    BalasHapus
  4. makasih kunjungan n komenx juga thavery. q juga sama, lg blajar otodidak ebot nihongo. yuk sama2 blajar.. benkyoshimashou ^^

    BalasHapus
  5. hontou ni gomen da yo...
    kta kta nya kurang mendetail..
    perbedaan kta kta nya kurang mendetail.
    dalam percakapan.
    ganbatte,ganbarou,ganbarimashou,belum telihat nampak di blog anda...
    jya, nihonggo de takusan benkyoushinakerebanarimasen yo...
    doumo...

    BalasHapus
  6. hehe,namanya juga masih beginner :D
    mudah2an nanti bisa saya update lagi ya
    arigatou nee

    BalasHapus